. chee titatita: Fakta SELOTIP

About me

Foto saya
Orang tua ku ,Temen-temen baek ku tau segalanya bout "ifteeta ", dan anda yang akan menilai saiia sendiri...
Feeds RSS
Feeds RSS

Senin, 02 Mei 2011

Fakta SELOTIP

Benda yang satu ini wajib ada di setiap kantor, juga di rumah. Namun, baru sekarang para ilmuwan mengetahui bahwa scotch tape atau selotip transparan yang biasa digunakan sebagai perekat sampai alat pengoreksi bentuk mata itu ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan sinar-X.
Terungkap bahwa bila Anda mengelupaskan selotip transparan dari gulungannya dalam sebuah bilik hampa udara, selotip itu akan memancarkan sinar-X. Para ilmuwan bahkan membuat sebuah citra sinar-X dari salah satu jari mereka.



Sebenarnya, lebih dari 50 tahun lampau, beberapa ilmuwan Rusia melaporkan bukti sinar-X yang dihasilkan ketika mengelupaskan selotip dari gelas. Namun, riset terbaru menunjukkan bahwa Anda bisa memperoleh sinar-X dalam jumlah besar. “Kami sangat terkejut,” kata Juan Escobar. “Tenaga yang Anda bisa peroleh hanya dari mengelupaskan selotip sangat besar.”
Escobar, sarjana dari University of California, Los Angeles, melaporkan temuannya itu dalam jurnal Nature kemarin. Dia menduga, dengan sedikit pemurnian, proses itu dapat dimanfaatkan untuk membuat mesin sinar-X murah bagi petugas paramedis atau tempat terpencil yang sulit listrik.
Namun, pada dasarnya setiap orang bisa menghasilkan sinar-X cukup dengan mengelupaskan selotip atau melakukan sesuatu yang mirip apa yang dilakukan mesin dengan tenaga manusia, seperti memutar engkol. Escobar dan UCLA mengajukan paten untuk penemuan mesin penghasil sinar-X dari selotip.
Mesin buatan Escobar dan teman-temannya itu mampu mengelupaskan selotip dari gulungannya dalam sebuah bilik hampa udara dengan kecepatan 3 sentimeter per detik. Pulsa sinar-X yang amat cepat, sekitar sepermiliar dari satu detik, terpancar dari tempat selotip terlepas dari gulungannya.
Dari tempat itulah elektron berlompatan dari gulungan selotip ke bagian bawah selotip yang lengket. Lompatan itu menempuh jarak sekitar dua perseribu dari satu inci, kata Escobar. Ketika elektron tersebut menyentuh bagian yang lengket itu, mereka melambat dan memancarkan sinar-X…
Sumber: Forumsains.com
Read More...

2 komentar:

  1. Penjelasan yang diberikan mengenai fakta selotip sdah bagus.Mugkin perlu diberikan tambahan mengenai gambar percobaan menggunakan selotip untuk pembuktian Sinar X agar lebih jelas.

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata ada fakta luar biasa dibalik selotip ini. Tapi apakah sinar x yang dihasilkan dari pengelupasan selotip bisa digunakan untuk dunia medis? misalnya untuk mengetahui penyakit dalam. Kalau memang sinar x yang dihasilkan cukup besar, seharusnya dengan penemuan ini bisa membantu untuk dunia medis di negara atau daerah terpencil.

    BalasHapus